Yuk Macroan….

Buku-Acong-1Pernah tertarik dengan foto-foto serangga kecil, embun, tumbuhan kecil yang begitu mempesona dan terkesan seperti dunia ajaib? Ya, itulah fotografi macro, sebuah konsep fotografi yang menyajikan keindahan, keunikan dan keistimewaan ‘dunia lain’ yang gak pernah terpikir oleh kebanyakan orang bahwa disekitar mereka, bahkan dipekarangan rumah mereka sendiri ada satu kehidupan yang sangat luar biasa indahnya. Dari pengalaman saya, banyak mereka yang begitu terkesan dengan hasil foto-foto macro. Bahkan tidak sedikit pula mereka salah satunya temen saya menyatakan kekagumannya. Pas temen saya sedang menikmati keindahan sebuah foto macro, saya suka iseng motong kekagumannya itu dengan nanya:

Saya       : “Eh, bisa ngira gak nih lebah segede apa?”

Temen  : “Ehhmmm, segede jempol deh kayaknyaaaa….”

Saya       : “gak.. lebah ini cuma segede sebutir kacang ijo itupun yang paling gede..”

Kalo udah saya bilang begini, rata-rata temen yang sedang nikmatin foto macro lebah langsung kaget, untung aja gak pake jungkir balik lebih-lebih pake koprol segala. Lah, iyaaa… foto macro itu sebuah konsep foto dengan teknis pembesaran objek. Gampangnya, memotret objek-objek kecil dengan jarak bidik yang sangat dekat dan dengan teknis pembesaran.

Masih bingung? Yak… bukan saya mau bikin anda semua mikir berat gimana caranya sebuah foto macro dihasilkan tapi kali ini saya mau ngasih tau bahwa MEMOTRET MACRO ITU MUDAH DAN MURAH.

Buku-Acong-2

Beneran.. ciyus gak pake cumpah.. ada seorang teman saya yang sudah mengeluarkan sebuah buku bagaimana sebuah foto macro dihasilkan berikut dengan persiapan dan teknisnya bahkan gak hanya itu Post Processing/langkah Editing sebuah foto macro pun dijelaskan oleh temen saya yang punya nama ACONG SETIA BUDI.

Buku dengan judul MEMOTRET MACRO ITU MUDAH DAN MURAH – Acong Setia Budi merupakan sebuah foto yang saya sangat rekomendasikan untuk anda miliki dan anda bisa aplikasikan apa saja yang ada didalam buku tersebut untuk memulai macroan dengan cara yang mudah dan murah. Ini buku cocok banget bagi anda-anda yang ingin menggeluti dunia fotografi macro. Dengan berbagai langkah-langkah persiapan, mulai dari pemilihan lensa sampai kepada teknis pengaturan cahaya dan lebih daripada itu khususnya buat anda (termasuk saya) yang berkantong cekak alias gak modalan banyak buat macroan, Acong Setia Budi pun mengupas trik dan tips bagaimana mensiasati agar macroan tetep bisa jalan tentunya dengan budget yang sangat sesuai dengan kantong kita. Trus, gimana dengan hasilnya? Mau bukti? Anda bisa liat berbagai macam koleksi foto Acong Setia Budi terpampang dihampir setiap lembar buku ini tentunya dengan hasil yang masuk kategori 8aGo3Z b4Nge33tTzzz… ini serius, ekspresinya boleh alay tapi jujur aja hasilnya gak dilebay-lebayin.

Buku setebal 64 halaman dengan sajian sampul yang menarik dengan berbagai ragam karya foto dari penulisnya, bikin mata langsung ‘jleb’ karena disajikan dalam komposisi warna-warni yang menarik pandangan. Kalo pun luna maya gak kena kasus video asusila, saya mah masih mau pake si luna maya buat ngegambarin betapa gampangnya mata kalo liat cewek cantik, seksi, baju ketat sambil jalan megal-megol. Kurang lebih kayak gitulah kesan pertama kalo ngeliat sajian sampul luar buku ini. Itu perumpamaan dari pandangan saya sebagai lelaki tulen ke cewek, kalo dari pandangan cewek yaaa saya gak tau sih potongan cowok gimana yang bikin cewek cenat-cenut, soalnya saya gak suka ama cowok. Sumpah mati dehhh…

Kertas yang dipilih sebagai isi buku pun tepat, dengan dasar putih dan licin membuat sajian berbagai macam foto dan gambar tutorial/workshop menjadi lebih hidup dan jelas. Bagi saya, buku ini menyajikan langkah per langkah setiap bahasan yang dibuat secara sistematis dan mudah dipahami.

Contoh, yang paling menarik dari buku ini adalah:

  1. Dicantumkannya data exif setiap foto yang disajikan, sehingga jika anda menggunakan teknis dan set up yang kurang lebih sama dengan yang dicontohkan didalam buku maka bagi anda yang pemula bisa mencoba data exif yang dicantumkan tersebut. Jadi gak repot tanya kanan-kiri lagi gimana set up exif-nya.
  2. Ada tutorial bagaimana mensiasati agar penggunaan flash/artificial lighting bisa bagus. Bahasan ini adalah bahasan yang saya bisa katakan banyak ditunggu karena umumnya banyak pemula merasa kesulitan dalam mengatur komposisi cahaya dengan menggunakan flash. Sehingga, set up yang tidak tepat sering bikin objeknya atau hasil fotonya Over Exposure atau Under Exposure. Di buku ini dibahas berikut dengan gambarnya plus gimana cara bikin diffuser dari bahan yang sangat sederhana. Kereeeennnnn….
  3. Proses atau langlah-langkah editing dibuku bahkan dikasih tagline Memaksimalkan Ketajaman. Naaaaahhhh…. Ini dia yang muaantaab.. soal ketajaman memang sering jadi momok yang menakutkan, dapet momen bagus, objek keren, ekspresi objeknya lucu, eeehhh pas diliat rupanya hasil jepretannya gak tajem. Acong Setia Budi memberikan trik bagaimana mengolah foto yang kurang maksimal ketajamannya menjadi foto macro yang baik sajiannya.

Pokoknya, saya jamin buku ini adalah buku yang tepat sekali bagi anda para pemula yang ingin segera terjun ke semak-semak dan menghasilkan karya foto macro yang bagus. Yapsss… sekali lagi, saya gak dapet untung apa-apa lebih lebih dapet royalty atau profit sharing lantaran saya nulis review bukunya bli Acong karena dikasih gratis satu pun udah syukuuuuuuuuuur banget.. cekikikikikik =))

Buruan ke gramedia, dapetin bukunya di rak-rak depan… Jangan cuma numpang baca dijamin gak bakalan inget deh. Jangan juga curang, numpang jepret isinya atau nyatet langkahnya, disumpahin gak bakal berkah. Beli aja bukunya trus praktekin apa aja yang jadi trik dan tipsnya. Selamat macroan, sampai ketemu di rerimbunan semak. Jaga keselamatan anda dari berbagai gangguan yang mengancam, entah itu lintah, pacet, ulaarrr (iiiigghhhhhh), biawak (aaarggghhhhhhhh), anjing kebon (guk guuuuuukkkkk) bahkan orang-orang sotoy yang suka deketin trus nanya-nanya “jepret apaan ya? Eh, bagus ya? Trus fotonya buat apa? trus kalo dijual dapet berapa? trus kalo beli kameranya dimana? Trus bapak mu makannya apa? Trus emak mu kalo boker dimana? *plaaaaak…!

Ciyuuuuuuuuuhhhhhh babaaay….. :*

The Writer - Acong SB

3 responses to “Yuk Macroan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s